Minggu, 29 Maret 2015

pemanfaatan TIK dalam pembelajaran



TOPIK   : PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN

Dalam konteks pendidikan formal (sekolah), khususnya berkaitan dengan wahana transformasi budaya, TIK memiliki berbagai fungsi antara lain sebagai: gudang ilmu, alat bantu pembelajaran, fasilitas pendidikan, standar kompetensi, alat bantu manajemen sekolah, dan infrastruktur pendidikan. Dalam hal proses pembelajaran, atau proses belajar mengajar di mana siswa juga belajar bersama guru , penggunaan TIK tidak dapat dilepaskan dengan fungsinya. Fungsi TIK dalam proses pembelajaran, paling tidak, adalah sebagai alat bantu pembelajaran. Fungsi TIK sebagai alat bantu pembelajaran dapat berupa alat bantu mengajar bagi guru, alat bantu belajar bagi siswa, serta alat bantu interaksi antara guru dengan siswa
ICT bukan hanya meliputi computer, tetapi teknologi informasi dan komunikasi. Sebuah pembelajaran disebut pebelajaran IT jika menggunakan: OHT, TV, Video, Slide, dan CD, komponen-komponen ini biasa disebut media atau software.
Bentuk pemanfaatan computer dalam konteks pembelajaran:
1.      Belajar computer         : computer sebagai objek belajar.
2.      Belajar melalui computer        : computer sebagai media atau sebagai sumber belajar. 
3.      Belajar dengan computer        : belajar suatu objek tertentu atau mata   pelajaran tertenu tapi dibantu oleh  computer.  Contoh belajar akuntansi.
Ada banyak bentuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan yang dapat dilakukan, antara lain adalah: Pembelajaran Berbasis Komputer : dalam konteks pembelajaran, saat ini telah mulai banyak ditawarkan berbagai macam software yang berisi muatan-muatan mata pelajaran, yang salah satunya dikenal dengan istilah "Computer Assisted Intsruction (CAI)" atau “Pembelajaran dengan Bantuan (Media) Komputer”. Istilah-istilah lainnya adalah: Computer Assisted Intsruction (CAI), Computer Based Education (CBE), ICT, Computer Based Training (CBT), Computer Based Instruction (CBI).
Salah satu penunjang pemanfaatan TIK dalam pembelajaran adalah adanya multimedia ( terdapat satu media yang di dalamnya sudah ada kombinasi dari 2 atau 3 format media./ada kombinasi antara media gerak dan teks). Hal ini sangat perlu karena dengan adanya multimedia maka pemahamna siswa terhadap materi yang telah diterima akan lebih awet/memori jangka panjang.

Bentuk pembelajaran berbasis internet :
1.      Web course      : pembelajaran dengan menggunakan internet full, tidak ada lagi tatap muka.
2.      Web centrie course      : interaksi guru dan siswa tidak sepenuhnya on-line, tetapi disesuaikan.
3.      Web enhanced course   : pemanfaatan internet hanya sebagai penunjang pembelajaran.
Contoh konkrit dalam pendayagunaan ICT adalah proses belajar dikelas yang menggunakan internet sebagai media pembelajaran Sebagai media yang diharapkan akan menjadi bagian dari suatu proses belajar di sekolah , internet diharapkan mampu memberikan dukungan bagi terselenggaranya proses komonikasi interaktif antara guru dengan siswa. Kondisi yang perlu didukung oleh internet berkaitan dengan strategi pembelajaran yang akan dikembangkan, yaitu sebagai kegiatan komonikasi yang dilakukan untuk mengajak siswa mengerjakan tugas-tugas dan membantu siswa dalam memperoleh pengetahuan yang dibutuhkan dalam rangka mengerjakan tugas-tugas tersebut. ( Boettcher 1999).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar