TOPIK : PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN
Dalam konteks pendidikan formal (sekolah), khususnya
berkaitan dengan wahana transformasi budaya, TIK memiliki berbagai fungsi
antara lain sebagai: gudang ilmu, alat bantu pembelajaran, fasilitas
pendidikan, standar kompetensi, alat bantu manajemen sekolah, dan infrastruktur
pendidikan. Dalam hal proses pembelajaran, atau proses belajar mengajar di mana
siswa juga belajar bersama guru , penggunaan TIK tidak dapat dilepaskan dengan
fungsinya. Fungsi TIK dalam proses pembelajaran, paling tidak, adalah sebagai
alat bantu pembelajaran. Fungsi TIK sebagai alat bantu pembelajaran dapat
berupa alat bantu mengajar bagi guru, alat bantu belajar bagi siswa, serta alat
bantu interaksi antara guru dengan siswa
ICT bukan
hanya meliputi computer, tetapi teknologi informasi dan komunikasi. Sebuah
pembelajaran disebut pebelajaran IT jika menggunakan: OHT, TV, Video, Slide,
dan CD, komponen-komponen ini biasa disebut media atau software.
Bentuk
pemanfaatan computer dalam konteks pembelajaran:
1.
Belajar
computer : computer sebagai objek
belajar.
2.
Belajar
melalui computer : computer sebagai
media atau sebagai sumber belajar.
3.
Belajar
dengan computer : belajar suatu
objek tertentu atau mata pelajaran
tertenu tapi dibantu oleh computer. Contoh belajar akuntansi.
Ada banyak bentuk pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan yang dapat dilakukan,
antara lain adalah: Pembelajaran
Berbasis Komputer : dalam konteks pembelajaran, saat ini telah
mulai banyak ditawarkan berbagai macam software
yang berisi muatan-muatan mata pelajaran, yang salah satunya dikenal dengan
istilah "Computer Assisted
Intsruction (CAI)" atau “Pembelajaran dengan Bantuan (Media)
Komputer”. Istilah-istilah lainnya adalah: Computer
Assisted Intsruction (CAI), Computer
Based Education (CBE), ICT, Computer
Based Training (CBT), Computer Based
Instruction (CBI).
Salah
satu penunjang pemanfaatan TIK dalam pembelajaran adalah adanya multimedia (
terdapat satu media yang di dalamnya sudah ada kombinasi dari 2 atau 3 format
media./ada kombinasi antara media gerak dan teks). Hal ini sangat perlu karena
dengan adanya multimedia maka pemahamna siswa terhadap materi yang telah
diterima akan lebih awet/memori jangka panjang.
Bentuk pembelajaran berbasis
internet :
1. Web course : pembelajaran dengan menggunakan internet
full, tidak ada lagi tatap muka.
2. Web centrie course : interaksi guru dan siswa tidak sepenuhnya
on-line, tetapi disesuaikan.
3. Web enhanced course :
pemanfaatan internet hanya sebagai penunjang pembelajaran.
Contoh
konkrit dalam pendayagunaan ICT adalah proses belajar dikelas yang menggunakan
internet sebagai media pembelajaran Sebagai media yang diharapkan akan menjadi
bagian dari suatu proses belajar di sekolah , internet diharapkan mampu
memberikan dukungan bagi terselenggaranya proses komonikasi interaktif antara
guru dengan siswa. Kondisi yang perlu didukung oleh internet berkaitan dengan
strategi pembelajaran yang akan dikembangkan, yaitu sebagai kegiatan komonikasi
yang dilakukan untuk mengajak siswa mengerjakan tugas-tugas dan membantu siswa
dalam memperoleh pengetahuan yang dibutuhkan dalam rangka mengerjakan
tugas-tugas tersebut. ( Boettcher 1999).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar