SAINS ISLAM
(catatan Tatkala bercengkrama bersama Cahaya)
Pertama
kita kaji sejarah mengalirnya sains
dalam sejarah peradaban manusia. Disini kita akan membjcarakan
Pada
awalnya ilmu pengetahuan itu dibawa oleh para nabi, sebelum kejayaan pradaban
yunani, yang muncul adalah animisme dalam pradaban suriah. Sebuah peradaban di
timur tengah. Disana lahir para nabi yg kemudian mengajarkan hikmah2. Ketika orang-orang
cerdas dari yunani datang ke syiriah kemudian belajar, misalnya Empedokler
yg belajar pada lukmanul hakim. pytagoras yg bljr pd sahabatnya nabi
sulaiman.
Ketika meraka pulang ke yunani maka mereka kembangkanlah
pengetahuan itu. Bahkan kalau dlm sejarah ada yg kita kenal seseorang yang bernama
hermes.
Dia jg seorg nabi disana, dia mengajarkan tentang bagaimana berbahasa dengan
benar. Itulah makanya diyunani tokoh ini dikenal dg nama hermes yg dikenal
ajarannya dg nama hermeneutika.
Begitu
juga peradaban di china juga merupakan pengaruh dari timur tengah. Ketika nabi2
dari timur tengah hijrah kesana. Misalnya nabi looth yg pergi ke china, karena
diperintahkan Allah untk menigggalkan negrinya bersama 2 anaknya. Di china
mereka dikenal dg loutze. Dia mengajarkan yg namanya ajaran tao. Tao ini
artinya tauhid(segala sesuatu berasal dri tao dan akan kembali pd tao).
Atau
misalnya di india. Ada yg namanya sidharta gourtama, yg mana dia org yg
mendapatkan ilham ketika ia bersemedi di bawah pohon. Ketika kita mendegar
cerita2 nabi sulkifli, dia juga demikian yaitu mendapatkan wahyu ketika bertapa
dibawah pohon. Bahkan hindu sebenarnya juga dibawah oleh para nabi. Minimal ia
di bawah oleh org arif, karena hindu dlm kitabnya juga dijelaskan bahwa akan
datangnya nabi kalkhi autar.
Ada suatu kisah itu, ketika Ada seorang
profesor bahasa dari university alahabat
di india, dalam salah satu buku terakhirnya berjudul kalkhi autar (petunjuk yg
maha agung) yg memuat suatu pernyataan yg mengagetkan pemeluk hindu yaitu,
mengajak para penganut hindu untuk segera memeluk agama islam dan mengamini
risalah yg dibawah Muhammad.
Karena menurutnya Muhammad adalah seorang yang
dinanti-nantikan sebagai sosok pembaharu spiritual, professor itu bernama
wahite barkas. Prof ini yg mati berstatus pendeta besar kaum brahmana ini
mengatakan bahwa ia telah menyerahkan hasil kajiannya kpd 8 pendeta kaum hindu
dan mereka telah menyetujuai ajakan dlm buku tersebut.
Semua
ciri2 yg disebutkan dlm buku suci kaum hindu yaitu wedha. Tentang ciri2 kalkhi
authar sama persis dg ciri yg dimiliki Nabi Muhammad, diantaranya dia akan
dilahirkan di aljasirah. Ayahnya bernana syanu (allah) yihkab(anaklaki)=Abdullah(hamba).
Ibunya sumanep(amanah)=aminah. Disebut pula tuhan akan mengirim uutsannya
kedalam goa untuk mengajarkan kitab tuhan yg merupakan petunjuk yg maha agung.
Ada juga
agama majusi agamanya nabi nuh yg masih bertahan sampai skrg. Jd qt tdk bisa
mengatakan bahwa agama samawi tuh hanya islam, Nasrani, dan yahudi. Hanya saja
ahli kitab hanya 3. Karna memang pd agama ini ada kitabnya. Agama lain tdk
punya kitab semacam majusi. Tdk punya kitab seperti alquran.
Nah
ketika ilmu pengetahuan ini dibawa oleh para nabi maka aristoteles merupakan
nabi. Jadi ketika ajaran nabi2 tiba kembali keyunani mereka mengembangkan
ajarannya disana hanya saja karakter masyarakat yunani mereka hanya
mengembangkan aspek intelektuanya saja, aspek syariatnya tidk dikembangkan.
Spiritualnya tdk dikembangkan.
Ketika rasulullah datang dan kemudian muncullah
sarjana 2 muslim seperti al kindi. Dan mereka mengakses ilmu
dari yunani dan kemudian dikembangkan. Nabi pernah mengatakan bahwa ambillah
hikmah itu dimana saja kamu temukan karena itu merupakan milik umat islam yg
hilang atau juga tercecer.
Ketika
sarjana muslim mempelajari ilmu logika atau filsafat dari yunani kemudian
mereka menyesuaikan dg ajaran tauhid. Ajaran logika yg ada di yunani yg dibawah
aristoteles
kemudian disinkronkan dg ajaran tauhid. Nah, maka muncullah filsafat dlm dunia
islam. Kemudian berkembanglah ilmu pengetahuan yaitu ketika filsafat teoritis
terbagi menjadi matematika metafisika dan fisika. Kemudian berkembanglah sains
disini. Jadi dulu itu filsafat terbagi dua, ada teoritis (metafisika,
matematika, fisika) dan praktis(ekonomi, polotik/sosial, etika).
Sebenarnya
teori yg mengatakan bahwa peradaban barat itu maju tidak benar. Sebenarnya
peradaban timur itu lebih dulu maju misalnya peradaban mesir, hanya telah
terjadi perpindahan, kamajuan peradaban timur ke barat. Bukan berarti kita ikut
menggemborkan bahwa yg membuat peradaban pertama itu barat, wah timur lebih
dulu.
Maksudnya kita ini Jangan terlalu mengkiblat ke barat. Ada kecenderungan
seperti itu, lihat org2 liberalisme mereka menggali moncong barat di Indonesia
itu karena melihat barat seperti tadi mereka terpukau dg barat mereka ini org2
materialistik, mareka ini bias melakukan aktifitas ini itu karena ada dana dari
inggris misalnya, memang paradigma matre ini dari barat.
Yunani
bisa maju karena belajar di syiriah timur tengah. Setelah peradaban ditimur
tengah maju, sajana2 eropa prancis belajar lagi ke negeri islam, kemuadian
mengembangkannya lagi dibarat. Sementara disisi lain peradaban islam waktu itu
turun gara2 ulahnya algazali. Karena merakalah yg kemudian yg melakukan
propaganda u menjauhi filsafat. Sehingga mislim pada abad 11 tdk mau lagi
belajar filsafat. Puncak jatuhnya pd abad 16, dimana abad 16 itu puncakya
peradaban barat. Kemampuan mengembangkan ilmu dan iman ini yg menjadi tonggak
peradaban.
Peradaban adalah
akumulasi kemajuan ilmu dan iman dari sebuah masyarakat. Peradaban ditandai dua
hal yaitu ilmu dan iman. Ilmu merupakan syarat kemajuan sebuah peradaban
sedangkan iman merupakan syarat kemuliaan sebuah peradaban, makanya ali
Khomeini selalu bilang ada yg qt miliki yg barat tdk miliki yaitu
tauhid.
Jadi jika tauhid diajarkan dg benar maka ilmu dan iman bukanlah sesuatu
yg bertentangan. waktu ilmu pengetahuan ada di syiriah ada peradaban tua
namanya synerian karena adanya ilmu dan iman. Sekarang Iran sedang berusaha kembali untuk
mengembalikan ilmu pengetahuan kembali kesitu, kenegara timur tengah.
Filsuf
islam yg dari arab itu hanya 1 yaitu al kindi. Yg membuat arab maju karena adanya rasul
disana. Raja arab saja yg namanya saud itu bukan keturunan arab tapi
keturunan yahudi tapi dia mengklaim arab dg nama saud=arabsaudi=arab milik
saud.
Arus
ilmu pengetahuan itu, dimana dia berada maka akan muncul ilmu pengetahuan
disitu. Ketika ilmu pengetahuan ada dieropa yg mana pd zaman itu agama, seperti
yg dikatakan oleh agustecomte mereka, semua berdasarkan prasangka, yaitu klaiman2
kebenaran itu tdk bisa diukur.
Misalnya ; derajat sdt segitiga adalah 180
derajat. Itu bias diukur. Kebenaran diakui ketika bisa diukur. Setelah
ilmupengetahuan ada di eropa agama di anggap sebagai prasangka atau
klaim-klaiman /tidak jelas /tidak ada ukurannya
Misalnya: derajad sudut segitiga adalah
180®, ini bias diukur. Artinya kebenaran ini merupakan kebenaran matematik yang
bisa diukur.
Namun kebenaran pada saman
…tidak benar, yang benar adalah siapa yang bicara. Jadi kalau pastur yang
bicara itu dibenarkan, namun siapa yang bicara selain pastur yang bertentangan
dengan pastur itu salah.
Contohnya:
ajaran gereja mengatakan bahwa bumi itu datar, mataharilah yang bergerak
mengelilingi bumi. Kebenaran ini tidak didasarkan pada bukti ilmiah, hanya
diakui karena gerejalah yang mengatakan, jadi kebenaran itu didasarkan pada
gereja.
Waktu itu ketika para ilmuan
belajar ilmu pengetahuan dari islam, kemudian mengembangkannya di barat mereka
menemukan bahwa : bukan bumi yang merupakan pusat tata surya,melainkan
matahari, dan bumilah yag bergerak mengelilingi matahari.
Ini pahaman yang
bertentangan denga ajaran gereja, dan masih banyak ajaran yang bertentangan
dengan gereja. Karena ajaran ilmu pengetahuan lebih meyakinkan karena
didasarkan pada eksperimen, sedangkan agama tidak, maka waktu itu agama mulai
tidak diminati, orang mulai pro terhadap ilmu pengetahuan daripada
agama/pastur.
Jadi untuk menghindari
kehancuran agama pada waktu itu, maka mereka membuat lembaga ntuk mengeksekusi
orang2 sesat. Ribuan ilmuwan mati di tiang sesat, dibakar hidup2 disaksikan
masyarakat. Bagaimana mereka tidak kapok!
Tapi karena pengaruh ilmu
pengetahuan begitu menguat, akhirnya pihak gereja Mulai melakukan menufer/
membenarkan konsep skeularisme. Artinya
bicara agama tidak boleh dikaitkan dengan ilmu pengetahuan, bicara ilmu
pengetahuan tidak boleh dikaitkan dengan agama. Inilah strategi kaum agaawan
untuk mengamankan agama.
Pada saat itu para ilmuan sudah punya
pandangan negative terhadap agama. Misalnya:
dalam mitolgi yunani, agama itu mengajarkan bahwa kerajaan langit yang
dipimpin oleh para dewa, tidak menginginkan api suci turun pada manusia, api
suci dalam hal ini adalah ilmu pengetahuan. Tapi karena para dewa tertidur
akhirnya olimpus membawa lari api suci turun pada manusia, akhirnya para dewa
sadar dan olimpus dipenjarakan.
Ini
sama halnya denga nasrani, cerita tentang buah khuldi, Buah khhuldi dlm
pandangan nasrani itu buah pengetahuan..(ini dlm cerita nasrani) sama dg
diusirnya olimpuis.
Jadi
kalo kita lihat disini agama merupakan sebuah perpanjangan tangan kekuasaan
tuhan dimuka bumi. Karena Tuhan tdk mau mc cerdas maka diturunkanlah agama ini,
supaya mc tdk cerdas. makanya agama ini selalu hadir u menghambat ilmu
pengetahuan makanya lahirlah 2 gerakan
yaitu sekularisme dan ateisme. Ada org ilmuan yg masih percaya agama. Dan
ada org agama yg masih percaya agama mereka itulah menerima sekularisme. Ada
juga org yg betul2 menolak agam itulah kaum ateis. Mereka menolak agama karena
mereka melihat agama menghendaki mc cerdas. Mereka beranggapan bhwa agama tdk
memanusiakan mc. Justru mendiskriminasikan mc. Ini semakin diperjelas dg agama
membuat lembaga yg membunuh ilmuan. Memang agama perpanjangan tuhan. Mengapa
agama tidk menhedaki mc cerdas karena tuhan tdk mau ada saingannya. Takut jika
mc cerdas nanti dia abadi.
Jadi
ada permusuhan terhadap agama karena agama seperti itu, perlu dipahami agama yg
mana?
Akibatnya
org2 liberalisme ini melihat agama menghambat ilmu pengetahuan juga
melihat bahwa agama islam seperti org
nasrani dulu melihat nasrani.
Kalo
ateis betul2 jika kita bicara agama itu ketawa.. sekarang banyak org munafik yg banyak muncul
di tv mereka bertopeng dan menggunakan media islam untuk menghancurkan islam.
Karena mereka hanya dapat mengahncurka islam dari dalam.
Nah..
makanya tugas kita sekarang ini adalah, mengkalrifikasi masalah dan memberikan
solusi. Seperti pertentangan agama dan ilmu pengeteahuan.. mesti diluruskan.
Jika kita cerdas agama dan ilmu pengetahuan itu tdk bertentangan..
Jadi
waktu itu muncullah yg disebut sain modern
Isi
utamanya adalah ateisme. Karena apa? Salah satu ajarannya adalah sekularisme..
makanya dlm sains modern, yg berkembang kemudian ilmu pengetahuan waktu masih
ada dinegeri islam belum bertentangan dg agama contohnya ibnu sina dia seorang
agamawan sekaligus seorang ilmuan. Tapi ketika ilmu pengetahuan pindah ke eropa dimana di eropa ada agama
nasrani, dsitulah terjadi benturan, mereka melihat kebijakan agama berbenturan
dg ilmuan maka muncullah gerakan perlawanan itulah yg disebut dg sains modern.
Sain modern ini bercorak positifitik, ini empirisme ekstrim. Kalo empirisme itu
masih mengakui pengalaman bathin. Kalo positifistik sudah tdk mengakui
pengalamn batin. Yg ada hanya pengalaman indrawi.
Dijelaskan
dulu yg namanya modernisme, disitulah misi ateisme berada. Misi memerangi agama
bersembunyi didalam kata modern. Jangan terkecoh dg saman modern. Perhatikan
teori pembangunan nya kapitalisme. Atau teori evolusi aguste comte, menurut
aguste masyarakat pd awalnya primitive (berfikir berdasarkan rasangka), karena
mereka berpikir primitive kemudian berkembang sampai tahap modern. Jd yg menghambat
kemajuan mc yaitu cara berfikirnya kaum agamawan. Dalam perilaku kehidupan
mereka sudah meningalkan kehiupan tradisional seprti barasanji, tradisi2,
siarah kubur, putar kabbah, puasa tdk ada manfaat ekonomisnya kata mereka. Itu
puasa katanya tdk efisien, makanya dibantah oleh mutahari (peperangan badar itu
terjadi pd bulan puasa mereka menagnkan peperangan) tdk benar bahwa puasa membuat org menjadi malas, lambat. Justru
puasa membuat org aktif, krna dlm puasa belomba2 beribadah. Karna dlam aturan
puasa jika kita melakukan kegiatan antara bulan bukan puasa dg bulan puasa ptu
kualitasnya beda. Tinggi nilainya. Lebih dekat dengan allah. Marah harus karena
allah semuanya harus karena allah.
·
mereka berangkat dari tiga (3) asumsi yaitu :
1)
Epestomologi panca indra,landasan penilaian
Empiris /pengalaman, metode eksperimen ,/kerangka induksi ke deduksi
· Sesuatu
tidak bisa di ketahui kalau tidak di indrai. Indra itu ada lima, indra merupaka
satu2nya alat pengetahuan mc. Seuatu dpt dikatakan benar jika empirical.
· Induksi
adalah kerangka berfikirnya dari vartikulir ke universal, mari kita kritik. ini
bukan metode berifkir tpi ini metode u mendapatkan data, karena ketika berfikir
itu sudah deduksi
· Landasan
penilaian adalah bersifat objektif/empiris
· deduksi
adalah sebuah metode untuk mengetahui keseluruhan cukup dengan sebagianya saja, cukup dg
mempelajari bagian2nya. Misalnya jika kita ingin memahami air kita cukup
memahami hydrogen,oksigennya seperti
apa? Baru kita memahami air seperti apa. Misalnya besi jika dipanaskan dia
memuai atau tdk, maka uji dulu. Jika ada besi 5 semua dipanaskan semuanya
memuai. Inilah yg dimaksud dg pengetahuan partikulir kemuadian disimpulkanlah
semua besi memuai jika dipanaskan itulah universal. Dari partikulir ke
universal. Karena landasannya seperti ini, melihat bahwa realitas itu hanyalah
materi. Karena itu dl pandangan modern realitas hanya dipndang .
2. Konsep
ontologi atau pandangan dunia adalah dia melihat dunia itu hanyalah materi karena itu realitas itu
hanya tiga (3) yaitu
a) Padat
b) Cair
c) Dan
gas
3. Secara
aksiologi ilmu pengetahuan itu bebas nilai
Bebas nilai itu adalah bahwa
ilmu pengetahuan itu bersifat objektip bukan subjektif
Ilmuan pengetahuan itu
objektif bukan subjektif makanya bebas nilai
Karena
ilmu pengetahuan itu bebas nilai maka nilai tidak di masukan dalam ilmu pengetahuan. Mengapa ilmu itu
objektif karena metode atau epistemologinya dibuat u menghindari
peransangka.
·
Dalam sains modern ilmu hanya ada dua (2)
yaitu :
a)
Ilmu matematika
b)
Dan ilmu fisika
Metafisika tdk dipandang sebagai sains.
Jadi pembagian sains di sini kacau balau.
Dalam
Sains modern kita memahami realitas luar tanpa ada sangkut paut dengan manusia
·
Nilai tidak boleh masuk dalam ilmu
pengetahuan
DALAM
SAINS ISLAM.
Juga
terdiri pada 3 asumsi
1.asumsi
epistemology:alat pengetahuan ada 3
Indra,khayal,akal.
landasan penilaiannya itu adalah PNLR. Metodenya adalah deduksi ke induksi,
intuisi
·
Induksi adalah hanyalah untuk mendapatkan
penggetahuan objektif ,bukan metode berfikir. Sama halnya ketika kita
memanaskan lima besi dan kita menyimpulkan bahwa semua logam jika dipanaskan
akan memuai. Apa dasarnya? Itu karena ilmuan/mereka menggunakan premix minor.
Tapi ada premix mayor yg menyatakan seperti ini dalam himpunan kausalitatif
setiap sebab yg sama kan memiliki efek2/akibat yang sama. Ini prinsip mayornya.
Karena dianggap besi2 yg sama itu sama sifatnya dg yg lain makanya digeneralkan. Ini menggunakan kaidah
silogisme. Inudksi itu bukan metode u sampai pd sebuah kesimpulan. Adapun
kesimpulan dihasilkan oleh metode deduksi.
Intuisi: ada pengetahuan2 yg sifatnya intuisi,
misalnya metode penyucian diri kemudian
kita mendapatkan pengetahuan2 mistik.
2.
asumsi
Ontologi karena itu kita
mengakui ada tiga (3) realitas
Wujud Mitzal yang berhubungan dengan Akal
a/jin
Z,
gas
3.
Secara
aksiologi sains itu tidak bebas nilai
atau tidak objektif murni dan tidak subjektif murni. Misalnya begini, menurut
sains modern, kita bias memahami realitas tanpa subjektifitas kita. Menurut
mereka sains itu bebas nilai, tdk ada campurtangan mc, dan tdk boleh memang
nilai dimasukkan kedalam ilmu pengetahuan. Sebagai contoh: orang itu suhu
tubuhnya berapa? Kan kita kasi thermometer, oh suhu tubuhnya 100 drajat celcius
misalnya, 100 derajat bukan pengaruh subjek kita. Karena itu juga tidak boleh
memasukkan nilai kedalamnya. Misalnya air itu panas karena menurut iislam air
itu panas karena.. tidk bisa begitu. Paradigma ini runtuh ketika pakar fisika
melakukan penelitian fisika: membantah bahwa ilmupengetahuan itu objektif dia bantah, katanya ; ketika
menempatkan seutau electron dlm ruang hampa, cara untk mempelajari electron dlm
ruang itu adalah dg memasukkan cahaya. Dan menurutx pada saat itu tdk bias
memahami electron kecuali dg memberikan sinar. Tdk pada saat geleap. Sinar itu
sebenarnya adala partikel yg disebut proton, yg menabrak electron. Ketika ia
menabrak elektron maka itu bukan murni gerakan electron tapi karena tabrakan
proton.
Ketika melakukan eksperimen.
Ketika rabun kita tdk bias melihat garis dg baik. Di teknik elektronika ketika
mau masuk orang diuji matanya. Kalu di rabun dia tdk bias bekerja dibidangnya,
artinya indra sangat menpengaruhi penelitian.
Misalnya dokter, tdk boleh
budge bahaya! Maksudnya penelitian tdk lepas dari indra subjektifitas kita.
Misalnya org sabar dg org gegabah, kalo melakukan eksperimen itu beda. Kalo org
tdk sabaran dia bias tidur dulu. Dibutuhkan kesabaran. Artinya ilmu itu tdk
bebas dipengaruhi oleh subyektifitas kita. Dengan demikian runtuhlah sains
modernisme.muncullah posmodernisme. Ini jg menentang agama. ini krena mereka
tdk terdidik dengan baik. Aksiologi dalam filsafat islam: ilmu pengetahuan
adalah perpaduan subjek dan objek/hasil penafsiran ilmuwan terhadap objek.
Subjektifitas mc sebenarnya sobjektif. Objektifitas itu sebenarnya subjektif.
Subjektifittas mana yg mw diikuti. Adalah subjektiitas para nabi(subjektifitas
objektif) misalnya: akalnya sipintar dg akalnya si bodoh, dlm melkukan
penelitian ada 2 kesimpulan yg mana yg mw diikuti, yg pintar.
Berdasarkan ini sains islam
(klasik,tradisional) sains yg pernah ada di dunia islam
yg dikembangkan oleh para filsuf muslim,
yg selaras dan senafas dg tauhid.
Kritikan rehadap
sains barat: ketika mereka menolak metafisika karena objeknya tdk materil. Karena
itu tdk punya objek. Relaitas mereka kan hanya materi. Karena tuhan tdk masuk
bidang ini jd metafisika tdk benar. Jika demikian mari kita lihat.
Ilmu
matematika, pertanyaannya kemudian mana objeknya. Misalnya objek 1, satu itu
hanya kode. 1 itu non materi, tpi tdk murni. Mengapa? Karena 1 bisa dihubungkan
pd 1 batu, bias jg dihubungkan pd 1 tuhan. Makanya dia objek ditengah2 dia
mitzal. Nah ilmu ukur objeknya tdk materil, mestinya matematika jg bukan
sains. Lebih para lagi ilmu gaya
dimasukkan kedalam ilmu fisika. Mana itu gaya? Objeknya tdk materil, dia
bersifat abstrak. Mestinya gaya in tdk dimasukkan pada fisika. Tpi
dimatematika.
Tujuan sains modern : untuk
sains itu sendiri
Dalam
sains islam: untuk ma”rifat/mengenalnya, untuk menyembahnya. Kalo kita kaji ini
maka kita kana menemukan bahwa ternyata tuhan itu ada. Adapun tekhnologi dlm
sains islam unutk mepermudah kita dalam beribadah.
Dulu kalo mau wudhu timbah,
sekarang mudah.
Buatlah
teknologi yg melayani agama. teknologi skarang yg membuatkita menjauh dari
agama itu pembuatnya orag2 sains modern.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar